Rabu, 17 November 2010

APA ITU BATIK ?


Batik memiliki dua pengertian, sebagai kata yang bermakna proses atau sebagai kata yang bermakna benda.
Batik sebagai kata yang bermakna benda memiliki definisi sebagai berikut : Batik adalah bahan tekstil hasil pewarnaan dengan proses ‘rintang warna’ dengan menggunakan lilin batik sebagai perintang warnanya.
Batik sebagai kata yang bermakna proses memiliki definisi sebagai berikut : Batik/membatik adalah proses melakukan pewarnaan ‘rintang warna’ pada suatu bahan tekstil.
Sementara proses ‘rintang warna’ adalah metode menggambar suatu pola pada bahan tekstil/fabric dengan cara menempelkan bahan perintang pada kain dalam bentuk pola, lalu dicelupkan ke dalam pewarna, sehingga bagian kain yang ditempeli zat perintang tidak akan ikut terwarna dan akan tercipta motif pada kain tersebut.
Pengertian tersebut di atas diambil bersumber dari beberapa buku tentang batik yang membahas tentang batik dan pelestarian budayanya.  Dari pengertian tersebut diatas bisa diambil kesimpulan bahwa ragam tekstil lain yang dibuat dengan tanpa melalui proses ‘membatik’ tidak bisa disebut Batik atau Batik Indonesia meskipun memiliki corak atau tampilan yang menyerupai Batik, karena Batik Indonesia adalah Kain Batik yang diciptakan dengan melalui proses pembatikan ala Indonesia
Sumber : Foto Pribadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tambahkan komentar anda untuk melestarikan batik Indonesia.